Cara Sortir

CARA SORTIR KEPITING

Kepiting yang ditangkap oleh nelayan biasanya masih beragam kualitasnya baik untuk Kepiting Betina maupun Kepiting Jantan. Untuk itu diperlukan keahlian khusus oleh nelayan agar kepiting yang dikirim tidak dikategorikan “reject” oleh eksportir. Berikut kami coba jelaskan cara sortir yang baik :

    • Untuk kepiting jantan, tekan bagian bawah perut yang berbentuk segitiga (lihat panah merah gambar di bawah). Jika terasa padat/keras itu berarti kepitingnya berisi dan memenuhi persyaratan. Untuk ekspor, biasanya toleransi kepadatan tergantung masing – masing penerima/pembeli. Tapi secara umum sekitar 10% masih diperbolehkan.
    • Untuk kepiting telur, cara sortir sedikit lebih sulit daripada sortir kepiting jantan. Dalam hal ini mutlak diperlukan keahlian dan pengalaman. Kepiting telur/betina yang memenuhi persyaratan ekspor adalah kepiting telur full dan kepiting telur cam atau biasa disebut kepiting telur 40%. Hal ini bisa diketahui dengan mencongkel bagian belakangnya dengan pisau atau sendok. Telur penuh biasanya kelihatan telurnya berwarna merah matang dan menyebar ke kanan kiri bagian dalam. Untuk kepiting telur 40%, hanya menyebar sedikit saja. Sedangkan bilamana hanya sedikit saja saja isi telurnya, berarti termasuk kepiting telur kosong. Sebaiknya telur 40% dan telur kosong dimasukkan dulu ke dalam tambak sekitar 2-3 minggu supaya bisa menjadi telur penuh dan berharga tinggi.

Tehnik lain untuk mensortir kepiting telur adalah dengan menggunakan tehnik lampu sorot. Lampu sorot biasanya dibuat dari lampu halogen dengan sinar yang cukup dan dibuatkan wadah seperti kotak dari kayu dan diberi corong untuk keluarnya sinar lampu. Kepiting yang mau disortir ditempelkan bagian bawah diantara kaki dan sudut lengkungan. Kepiting telur penuh(full) biasanya tidak tembus sinar lampu halogen. Sedangkan jika tembus cahaya atau sinar, itu berarti tergolong kepiting telur kosong atau bisa juga telur cam. Diperlukan pengalaman yang cukup untuk membedakan keduanya. Tehnik ini biasanya efektif untuk kepiting bakau hijau dan merah. Sedangkan untuk jenis kepiting hitam agak kurang efektif. Hal ini disebabkan cangkang kepiting hitam seringkali lebih tebal (walaupun tidak selalu) sehingga terkadang tidak tembus sinar lampu sekalipun kepiting telur kosong. Jenis ini biasanya banyak ditemui di Indonesia bagian timur.

Syarat – syarat umum kepiting ekspor :

    1. Capit kepiting dan kaki dayung harus lengkap sepasang. (lihat gambar)
    2. Jari kepiting yang patah di masing – masing sisi, tidak lebih dari 1. Artinya maksimal 2 jari yang patah untuk seekor kepiting.
    3. Kepiting yang dikirim diupayakan tidak dalam kondisi sudah loyo atau lemah untuk mengurangi resiko mati selama masa pengiriman.
    4. Kepiting yang tidak masuk kategori ekspor dan sudah lemah, sebaiknya dijual di daerah masing – masing nelayan saja seperti di pasar rakyat, warung seafood dan restaurant lokal.

Pelajari juga tentang cara Ikat Kepiting dan Cara Pengiriman Kepiting pada halaman :
Halaman Cara Ikat Kepiting
Halaman Cara Pengiriman Kepiting